Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI12998, author = {Pretty Astuti and Achmad Masykur}, title = {ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DITINJAU DARI KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN SALES PT ANDALAN FINANCE INDONESIA DI SEMARANG}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {4}, number = {3}, year = {2015}, keywords = {organizational citizenship behavior, kepuasan kerja}, abstract = {Konstruksi ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR ( OCB ) sangat terkenal dalam perilaku organisasi saat pertama kali diperkenalkan, dengan dasar teori kepribadian. Dasar kepribadian untuk OCB ini merefleksikan ciri atau trait predisposisi karyawan yang kooperatif, suka menolong, perhatian, dan bersungguh-sungguh. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara kepuasan kerja dengan ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR pada karyawan bagian sales PT. Andalan Finance Indonesia di Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan bagian sales PT. Andalan Finance Indonesia di Semarang.Teknik pengambilan sampelnya adalah simple random sampling . Alat pengumpulan datanya adalah skala ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (Organ, dalam Jahangir dkk, 2004, h.79) dan skala kepuasan kerja. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil yang diperoleh dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kepuasan kerja dengan organizational citizenship behavior . Hasil tersebut ditunjukkan dengan angka koefisien korelasi sebesar 0,560 dengan nilai p= 0,000 (p<0,01), artinya bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Nilai R Square sebesar 0,314 mengandung pengertian bahwa dalam penelitian ini, kepuasan kerja memiliki sumbangan efektif sebesar 31,4% terhadap organizational citizenship behavior . Kondisi tersebut menunjukkan bahwa tingkat konsistensi ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR sebesar 31,4% dapat diprediksi oleh variabel kepuasan kerja, sisanya sebesar 68,6% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.}, issn = {2829-1859}, pages = {189--193} doi = {10.14710/empati.2015.12998}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/12998} }
Refworks Citation Data :
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University