“KASIHKU TAK AKAN PUPUS OLEH LUPUS” (Studi Fenomenologis Pada Suami dengan Istri Penyandang Lupus Eritematosus Sistemik)

Zunainatul Firdausia, Achmad Mujab Masykur

Abstract


Lupus merupakan salah satu penyakit kronik (menahun). Lupus Eritematosus Sistemik yang biasa disingkat LES merupakan jenis lupus yang paling berat dan serius. Jenis lupus ini melibatkan kulit, persendian, darah, dan organ tubuh. Sebagian besar penyandang lupus adalah wanita pada usia produktif. Penyakit lupus bisa membuat penyandangnya menjadi dependen. Apabila seorang istri menyandang lupus, maka perannya sebagai istri sekaligus ibu akan terhambat. Peran yang terhambat tersebut membuat seorang suami menggantikan peran istri dalam kehidupan rumah tangga, sehingga tanggung jawab suami bertambah. Suami yang berkewajiban untuk mencari nafkah bertambah tanggung jawab untuk melakukan pekerjaan rumah tangga dan mengasuh anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman suami yang memiliki istri penyandang Lupus Eritematosus Sistemik. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive dengan bantuan key person. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan metode wawancara, dokumen audio dan catatan lapangan. Peneliti menggunakan model analisis eksplikasi data yaitu proses mengeksplikasi ungkapan responden yang masih tersirat (implicit). Hasil penelitian menunjukkan bahwa suami memilih untuk mendampingi istri dan menerima kondisi istri. Terdapat persamaan dan perbedaan pada pengalaman suami dalam mendampingi istrinya. Hal yang melatarbelakangi suami dalam mendampingi istri penyandang lupus adalah cinta, komitmen dalam pernikahan, adanya toleransi antarpasangan, pendidikan dari keluarga saat kecil dan agama.

Keywords


Istri Penyandang Lupus Eritematosus Sistemik, Pengalaman Suami

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats