Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI12978, author = {Iris Nabila and Dinie Desiningrum}, title = {GAMBARAN KEGIATAN BELAJAR DI RUMAH PADA ANAK YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN BICARA (Sebuah Studi Kasus pada Anak Terlambat Bicara)}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {4}, number = {3}, year = {2015}, keywords = {anak yang terlambat bicara, proses kegiatan belajar}, abstract = { Anak adalah karunia Tuhan yang diberikan kepada orang tua yang semestinya dijaga dengan baik. Namun, tidak semua anak diberkahi kesempurnaan seperti anak-anak normal lainnya. Banyak anak mengalami kekurangan baik fisik maupun psikis. Salah satu kekurangan yang mungkin dimiliki anak adalah keterlambatan bicara. Keterlambatan bicara yang dialami anak akan menjadi hambatan akan berimbas pada beberapa aspek, salah satunya adalah proses belajarnya. Tujuan penelitian adalah untuk melihat proses belajar anak yang mengalami keterlambatan bicara dan efek lainnya pada proses belajar anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian didapatkan melalui wawancara yang dilakukan kepada orang tua dan tutor serta observasi rating scale dan event sampling dilakukan pada anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak memiliki sikap belajar seperti moody , mudah bosan, memiliki konsentrasi yang mudah pecah, kurang percaya diri ketika diminta belajar membaca, dan sangat bergantung dengan keberadaan ibu. Faktor pendukung kegiatan belajar adalah kepedulian orang tua dan tutor terhadap keadaan anak. Strategi yang digunakan dalam mengajari anak adalah dengan mengulang-ulang satu materi pelajaran yang sama berkali-kali sampai anak paham materi tersebut, baru masuk ke materi yang baru. Kegiatan belajar juga disertai waktu istirahat untuk bermain agar anak tidak bosan. Faktor penghambat kegiatan belajar ada pada komunikasi antara orang tua dan tutor yang kurang maksimal, sehingga jarang terjadi diskusi diantara mereka untuk menentukan strategi belajar bagi anak. }, issn = {2829-1859}, pages = {69--74} doi = {10.14710/empati.2015.12978}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/12978} }
Refworks Citation Data :
Anak adalah karunia Tuhan yang diberikan kepada orang tua yang semestinya dijaga dengan baik. Namun, tidak semua anak diberkahi kesempurnaan seperti anak-anak normal lainnya. Banyak anak mengalami kekurangan baik fisik maupun psikis. Salah satu kekurangan yang mungkin dimiliki anak adalah keterlambatan bicara. Keterlambatan bicara yang dialami anak akan menjadi hambatan akan berimbas pada beberapa aspek, salah satunya adalah proses belajarnya. Tujuan penelitian adalah untuk melihat proses belajar anak yang mengalami keterlambatan bicara dan efek lainnya pada proses belajar anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian didapatkan melalui wawancara yang dilakukan kepada orang tua dan tutor serta observasi rating scale dan event sampling dilakukan pada anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak memiliki sikap belajar seperti moody, mudah bosan, memiliki konsentrasi yang mudah pecah, kurang percaya diri ketika diminta belajar membaca, dan sangat bergantung dengan keberadaan ibu. Faktor pendukung kegiatan belajar adalah kepedulian orang tua dan tutor terhadap keadaan anak. Strategi yang digunakan dalam mengajari anak adalah dengan mengulang-ulang satu materi pelajaran yang sama berkali-kali sampai anak paham materi tersebut, baru masuk ke materi yang baru. Kegiatan belajar juga disertai waktu istirahat untuk bermain agar anak tidak bosan. Faktor penghambat kegiatan belajar ada pada komunikasi antara orang tua dan tutor yang kurang maksimal, sehingga jarang terjadi diskusi diantara mereka untuk menentukan strategi belajar bagi anak.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University