skip to main content

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) YANG BEKERJA DI AMERIKA SERIKAT (STUDI KASUS SHANDRA WOWORUNTU)

*Aninditya Gita Kireina Persada*, H. M. Kabul Supriyadhie, Muchsin Idris  -  Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Sebagai manusia yang memiliki hak asasi manusia, tiap orang berhak untuk memenuhi hak untuk hidup dengan bekerja baik sebagai pekerja dalam negeri maupun pekerja di luar negeri. Tenaga Kerja Indonesia juga memiliki hak untuk dilindungi sesuai peraturan yang ada baik secara Hukum Nasional maupun Hukum Internasional. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif, dengan spesifikasi deksriptif. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh melalui penelitian kepustakaan berdasarkan data primer dan sekunder sesuai hukum yang berlaku. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif untuk dikaji. Perlindungan hukum Tenaga Kerja Indonesia telah diatur sedemikian rupa untuk melindungi tenaga kerja mulai dari pra penempatan, masa penempatan hingga purna penempatan. Perlindungan hukum Tenaga Kerja Indonesia dilaksanakan oleh negara pengirim maupun negara penerima.

Fulltext View|Download
Keywords: Perlindungan Hukum, Tenaga Kerja Indonesia, Amerika Serikat

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.