PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN PERBANKAN DALAM PENGGUNAAN DATA PRIBADI NASABAH (STUDI PADA PT BRI KANTOR WILAYAH SEMARANG)

*Qatrunnada Ernanti*, Bambang Eko Turisno, Aminah -  Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 12 Jul 2016; Published: 12 Jul 2016.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Full Text:
Statistics: 59 126
Abstract

Perlindungan hukum terhadap nasabah penting mengingat bank merupakan lembaga keuangan yang dalam pelaksanaannya tidak bisa lepas dari peran para nasabah, karena hubungan hukum nasabah dengan bank merupakan hubungan hukum yang tercipta atas dasar kepercayaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui mekanisme penyelesaian penyalahgunaan data pribadi nasabah yang diperjualbelikan dalam rangka perlindungan konsumen perbankan dan mengetahui bentuk pengaturan serta pengawasan dari internal bank  untuk menjamin kerahasiaan data pribadi nasabah agar tidak diperjualbelikan.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris, yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara mengadakan pengamatan secara langsung atau tanpa alat terhadap gejala-gejala subyek yang diselidiki baik dilakukan dalam situasi sebenarnya maupun dalam situasi buatan yang khusus diadakan.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa mekanisme penyelesaian sengketa terhadap data pribadi nasabah yang dirugikan akibat penyalahgunaan jasa bank dalam rangka perlindungan data nasabah terbagi atas beberapa tahap yang dimulai oleh pengaduan, penerimaan pengaduan, mediasi dan penyelesaian. Bentuk prosedur pengawasan internal yang dilakukan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk. Kantor Wilayah Semarang dalam memberi perlindungan terhadap data diri nasabahnya adalah melalui dual-control.

Keywords
bank, nasabah, data diri, perlindungan hukum

Article Metrics: