slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
TINJAUAN TERHADAP PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK ATAS PENGURUSAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK DI KABUPATEN KLATEN | Budi Gutami, Nabitatus Sa’adah | Diponegoro Law Journal skip to main content

TINJAUAN TERHADAP PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK ATAS PENGURUSAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK DI KABUPATEN KLATEN

*Maya Eka Wijayanti*, Budi Gutami, Nabitatus Sa’adah  -  Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan perencanaan dan mengontrol penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi dan pemanfaatan hasil administrasi kependudukan untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain.  populasi tertentu di Indonesia semakin berkembang, Membangun tertib administrasi penduduk, teratur, terus menerus dan teratur database yang menuju modern, tertib NIK. Kondisi seperti ini juga terjadi di Kabupaten Klaten, KTP-el di Kabupaten Klaten membutuhkan waktu proses jika dibandingkan dengan kabupaten Banjarnegara KTP-el lebih mudah diselesaikan sekitar seminggu tapi di Kabupaten Klaten selama tiga bulan dan pelayanan publik masih rendah . Oleh karena itu Bagaimana pelaksanaan pelayanan publik, mampu menyediakan untuk tertib administrasi masyarakat serta penanganan hambatan yang terjadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis empiris. Hal ini karena jawaban atas rumusan masalah dicari melalui penelitian lapangan. Spesifikasi penelitian ini adalah fungsi analitik deskriptif untuk menggambarkan gambar objek yang diteliti. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan kuesioner, lokasi penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan penyajian data, dan kesimpulan. Hasil ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik masih rendah, ada beberapa indikator yang belum berjalan sesuai dengan keinginan rakyat, antara sarana dan prasarana lainnya yang belum lengkap. Meningkatkan disiplin terutama mengenai jam masuk, jam istirahat dan jam kerja. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang KTP-el seharusnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sering sosialisasi dan publikasi KTP-el manfaat, termasuk istilah, prosedur, dan biaya jasa
Fulltext View|Download
Keywords: KTP- E, Kualitas Pelayanan Publik

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.