PERLINDUNGAN PRODUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH TERKAIT HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN

*Asti Wulan Adaninggar*, Hendro Saptono, Kholis Roisah -  Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 16 Jun 2016; Published: 16 Jun 2016.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Full Text:
Statistics: 116 70
Abstract

Berawal dari munculnya MEA di Indonesia, hal ini mengakibatkan diperlukanya pertahanan terhadap suatu produk UMKM dengan cara melalui perlindungan HKI. Tujuan penelitian ini secara khusus untuk mengetahui dan menganalisis tentang upaya perlindungan produk UMKM dalam menghadapi MEA.

Metode pendekatan yang digunakan adalah metode yuridis normatif yang dilakukan dengan meneliti sumber-sumber berkaitan dengan tema penelitian. Data yang digunakan adalah data sekunder, mencakup bahan hukum primer dari peraturan perundang-undangan dan bahan hukum sekunder dari artikel maupun buku.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, perlindungan produk UMKM dapat dilakukan dengan cara pendaftaran HKInya untuk menjaga tingkat orisinalitas produk UMKM tersebut dalam menghadapi persaingan bebas ASEAN. Sedangkan Upaya perlindungan produk UMKM dapat melalui peran pemerintah, peran non pemerintah, peran lembaga dan peran UMKM tersebut itu sendiri. Sosialisasi merupakan suatu langkah penting untuk meningkatkan kualitas SDM, karena SDM merupakan salah satu faktor penting penunjang keberlangsungan UMKM.

Keywords
Perlindungan, Produk UMKM, HKI, MEA

Article Metrics: