skip to main content

KAJIAN HUKUM TERHADAP PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG ATAS KASUS LELANG TERHADAP TANAH JAMINAN PIHAK DEBITUR WANPRESTASI YANG DIBEBANI HAK TANGGUNGAN (SUATU STUDI KASUS ATAS PUTUSAN MA NOMOR : 192 PK/PDT/2008)

*Jessica Uta Priscilla Liesanggoro*, R.Suharto, Yuli Prasetyo Adho  -  Fakultas Hukum, Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kajian hukum terhadap eksekusi lelang tanah jaminan PT. Amerin Abdi Nusa Container Industry (PT. AMERIN ANCI) dan mengetahui kajian hukum terhadap putusan hakim Mahkamah Agung.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif. Dari hasil penelitian yang didapat, menunjukkan bahwa : 1). Eksekusi lelang tanah jaminan PT AMERIN ANCI tersebut sudah tepat berdasarkan  Vendu Reglement 1908:189 tentang Peraturan Penjualan di Muka Umum di Indonesia, Peraturan Menteri Keuangan Nomor 93/PMK.06/2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang, dan  Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 106/PMK.06/2013 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 93/PMK.06/2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang. 2). Putusan Mahkamah Agung atas Perkara Pelelangan Obyek Jaminan Milik PT. AMERIN ANCI telah tepat dan sesuai dengan Undang-Undang No 4 Tahun 1996 tentang Hak Tanggungan dan KEPUTUSAN MENTERI KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR : 304/KMK.01/2002 TENTANG PETUNJUK PELAKSANAAN LELANG.

Kesimpulan dari penulisan hukum ini, bahwa lelang yang diadakan oleh kantor lelang dan putusan Majelis Hakim Mahkamah Agung pada kasus PT.AMERIN ANCI telah tepat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Fulltext View|Download
Keywords: Eksekusi Lelang Hak Tanggungan, Kredit Macet, Pelaksanaan Lelang

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.