skip to main content

PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PEMBELI PRODUK CORRUGATED CARTON BOX (KEMASAN KARTON GELOMBANG) (STUDI PADA PT. BAHANA BUANABOX)

*Nathania Jauhari*, Bambang Eko Turisno, R. Suharto  -  Fakultas Hukum, Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Pada era globalisasi sekarang ini, banyak terjadi transaksi jual beli. Permintaan konsumen terhadap pembelian produk sendiri meningkat. Produk yang sering dibutuhkan adalah corrugated carton box (kemasan karton gelombang). PT. Bahana BuanaBox merupakan salah satu perusahaan yang bergerak memproduksi produk corrugated carton box. Konsumen ingin produk yang dibelinya aman dan berkualitas maka di sinilah adanya perlindungan konsumen. Perlindungan konsumen diatur oleh Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Permasalahan yang diambil adalah bagaimana tanggung jawab PT. Bahana BuanaBox apabila terjadi kerusakan pada produk corrugated carton box dan bagaimana cara penyelesaian sengketa yang dilakukan antara PT. Bahana BuanaBox dengan konsumen.

Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis empiris. Spesifikasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis. Metode analisis data yang digunakan adalah data kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat tanggung jawab PT. Bahana BuanaBox terhadap kerusakan barang sebelum dikirim yaitu tidak memprosesnya lagi, memasukkan barang rusak tersebut ke mesin press kawul, dan tidak menjual barang tersebut sedangkan kerusakan barang yang ditemukan setelah barang itu dikirim yaitu PT. Bahana BuanaBox bertanggung jawab menanggung biaya pengiriman barang sampai ke gudang pembeli dan memberikan potongan harga dari jumlah barang yang rusak. Penyelesaian sengketa antara PT. Bahana BuanaBox dengan konsumen diselesaikan oleh kedua belah pihak itu sendiri. Penyelesaian sengketa tersebut dengan cara retur dan potongan harga. Jadi, perlindungan konsumen terhadap pembeli produk corrugated carton box di PT. Bahana BuanaBox berupa retur dan potongan harga.

Fulltext View|Download
Keywords: perlindungan konsumen, produk.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.